Pemkot Makassar Kerjasama ADB Atasi Pemukiman Kumuh

LiputNews.com MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menerima kunjungan langsung dari Asean Development Bank (ADB) di kediamannya, Jumat (2/2/2018).

Kunjungan tersebut terkait kerjasama revitalisasi pemukiman kumuh dan lingkungan sekitarnya.

Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Makassar, Najiran, mengatakan ada 12 titik yang akan disentuh dengan revitalisasi diantaranya berada di Kecamatan Manggala, Kecamatan Biringkanaya, dan Kecamatan Tamalanrea.

“Kerjasama ini dalam bentuk bantuan tekhnis pemukiman kumuh. Hari ini kita sudah tanda tangan dan sudah berjalan revitalisasinya. Project pertama ada di Jalan Batua Raya dan akan terus berlanjut,” kata Najiran.

Bentuk bantuan tekhnisnya sendiri, lanjut Najiran, yakni memberikan fasilitas untuk pemanfaatan air bersih, dan water sensitif.

Water sensitif sendiri salah satu bagian dari konsep pendekatan infrastruktur hijau. Tujuan dari pendekatan konsep ini untuk melakukan pendekatan perencanaan dan perancangan kota yang berhubungan dengan sumber air dan manajemen lingkungan serta meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan air di permukaan perkotaan.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto merespon penuh kerjasama tersebut. Terlebih tujuan kerjasama yang dijalin demi kepentingan masyarakat Kota Makassar.

“Kita merespon penuh, apalagi untuk kepentingan masyarakat banyak. Jadi kita support soal perizinan dan persetujuan pada lokasi pilot project,” ungkap Danny.

Olehnya itu, Danny berharap kerjasama ini akan menjadi salah satu cara mengurangi pemukiman kumuh dengan fasilitas air yang tak layak dikonsumsi. (rls/zbr)

Mungkin Anda juga menyukai