Direktur INDex Indonesia: Quick Count Pilkada Makassar Hanya Prediksi

Lembaga survei INDex Indonesia telag melangsungkan Hitung Cepat atau Quick Count yang menetapkan kandidat tunggal di Pilkada Kota Makassar kalah dari kolom kosong.

“Jadi kami melakukan Quick Count dengan 150 TPS, sampel kami sebar di 15 kecamatan dan hasilnya bisa kita lihat. Angkanya itu di Appi-Cicu 46.21% lalu kolom kosong 53.79. Itukan hasil kami dari quick count. Tapi perlu disadari namanya quick adalah prediksi dia tidak menjadi angka mutlak bagi sebuah perhitungan suara,” ujar Andy Angung Prihatna saat dikonfirmasi, usai hitung cepat dilakukan.

“Kita tidak bisa jadikan putusan untuk mengatakan bahwa calon ini menang dan kalah, kita harus menunggu perhitungan suara resmi dari KPU,” tambahnya.

Menurutnya, yang namanya statistik itukan tidak exact sifatnya dia hanya prediksi ada namanya marjin erorr 1 persen dan tingkat kepercayaan 95.

“Artinya di statistik kita diijinkan untuk salah lima kali. Untuk tidak membuat keresahan bagi warga Makassar kami hanya bisa menyajikan data ini tapi intinya penghitungan itu kita merujuk pada penghitungan resmi dari KPU,” pungkasnya.

 

Jarijari.co.id

Mungkin Anda juga menyukai