BPKAD Kota Makassar, Gelar Pelatihan Dasar Pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih oleh Pemkot Makassar tidak menjadikan untuk berpuas diri.

Justru dengan predikat tersebut menjadikan Motivasi dan tamparan untuk Pihak Pemkot untuk tetap bekerja lebih baik lagi kedepannya.

Olehnya itu, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar melakukan pelatihan dan pengarahan kepada para pengelola keuangan.

Plt.Kepala BPKAD Makassar, Taslim Rasyid mengatakan kegiatan ini untuk melatih para operator pengelola keuangan SD dan SMP dalam menyusun penganggaran yang sinkron dengan perencanaan.

Dia menilai, penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan yang baik diawali dari hulu, yakni sinkronisasi anggaran yang tersedia dan perencanaan yang telah ditetapkan.

“Kita berikan kasus kemudian mereka jawab, ini untuk melatih mereka. Sesuai Renstra dokumen perencanaan yang ada, nanti dia input dokumen penganggarannya. Jadi sinkron dalam rencana kerja anggaran,” ungkap Taslim Rasyid, Senin (9/7/2018).

Sementara itu, Asisten III Pemkot Makassar, Takdir Hasan Saleh mengapresiasi upaya BPKAD. Menurutnya apa yang dilakukan merupakan bagian dalam menciptakan good governance dalam penyelenggaraan pemerintah.

“Penyelenggara pemerintahan, telah mengalami reformasi manajemen keuangan sebagai bagian mewujudkan good governance. Di mana anggaran sebagai alat akuntabilitas, dan kebijakan ekonomi dengan harapan pemerataan pendapatan juga dapat terlaksana,” tutupnya.

Mungkin Anda juga menyukai