Bupati Purworejo Kunjungi War Room dan Adopsi Manajemen Resolusi Konflik

Penulis : | Editor : edwin

LiputNews.com – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menerima langsung kunjungan dari rombongan Bupati Purworejo, di Ruangan Sipakalebbi, Rabu (1/8/18).

Kunjungannya tersebut untuk mengadopsi bagaimana Kota Makassar dalam mengatur manajemen resolusi konfliknya. Terkhusus pada saat pesta pilkada yang berakhir dengan damai tanpa ada aksi-aksi yang menegangkan.

“Maksud kami ke Kota Makassar untuk mempelajari bagaimana cara Makassar ini khususnya pada Pilkada bisa mengontrol masyarakatnya. Apalagi kami ini sudah dekat juga pelaksanaan pilkada serentak di 494 desa kami di Purworejo,” ucap Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE.

Mendengar hal tersebut, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menjawab dengan fakta yang terjadi di Kota Makassar.

Kata dia, di Makassar sendiri memakai beberapa acuan yakni pelayanan, pengamanan dan pendapatan.

“Kita disini sama-sama belajar. Kebetulan Kota Makassar ini adalah Centre Pointnya di wilayah timur makanya kita menjadi pusat perhatian. Banyak hal yang kita lalui dan terjadi, tapi kita memakai beberapa pendekatan seperti protokol touching heart atau protokol sentuh hati,” ujar Danny.

Danny menyebutkan dengan sentuh hati banyak masyarakat merasa diperhatikan dan itu bisa mengendalikan amarah dan agresitifitasnya yang kadang melebihi batasnya.

“Apalagi pilkada kemarin kami kerjasama dan kompak bersama forkompinda seperti TNI, Polri agar menjaga kota agar tetap aman,” sebutnya.

Keberhasilan Danny memberi sentuhan Kota Makassar dengan tersebut menuai pujian serta apresiasi dari masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Danny juga menyebutkan salah satu caranya yakni mengajak masyarakat agar meningkatkan kesadaran terhadap karakter kota dan membangun ekosistem yang baik dan mendorong less cash society.

“Kami juga berusaha menciptakan kehidupan yang nyaman dan meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan. Makanya kita membuat common center yang didalamnya bisa mengakses langsung home care, 112 ataupun pengaduan lainnya,” jelas Danny.

Usai saling melempar tanya dan jawab, rombongan tersebut lalu diajak berkeliling melihat War Room Pemkot Makassar dan ruang PTSP yang sementara memasuki tahap penyelesaian.

Adapun rombongan yang mendampingi Bupati Purworejo yakni Luhur Pambudi Mulyono (Ketua DPR Kab. Purworejo), Letkol Inf. Muchlis Gasim, SG, M.Si ( Komandan Kodim 0708), AKPBP Teguh Tri Prasetya, S.IK (Kapolres Purworejo), Alex Rahman (Kejari Purworejo), Sutarno (Ketua Pengadilan Negeri Purworejo), Said Romadhon (Sekda Purworejo) serta para stafnya.