Kue Tradisional Menjadi Kebanggaan Masyarakat Pulau Sangkarrang di Lomba Lorong Kota Makassar

Penulis : | Editor : edwin
Penilaian Lomba Lorong untuk Kecamatan Sangkarrang.

LiputNews.com – Menjadi sebuah perhatian, lomba lorong dan UKM tingkat Kota Makassar, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang memberikan kue tradisional yang menjadi andalan warga pulau di Kepulauan Sangkarrang untuk di pamerkan dalam lomba ini.

Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar yang diwakili oleh Idris Kepala Bidang UKM, menjelaskan jika kue-kue ini harus di angkat kembali dan dibina agar ini tidak hilang dari Kota Makassar. “Kue-kue ini harus kita angkat kembali dan bina, agar dapat muncul kembali dan tidak hilang di pasaran,” kata Idris.

Yang menjadi andalan adalah kue Joli-joli yang cita rasanya sangat lokal dengan bentuk yang tidak biasa. Untuk warga asli Makassar pasti pernah makan kue ini. Selain itu beberapa pernak-pernik dipamerkan dalam kegiatan ini, salah satunya gantungan kunci yang terbuat dari kerang.

Siti Subaedah selaku Plt. Camat Sangkarrang menjelaskan, pengangkatan kue-kue tradisional ini menjadi bentuk perhatiannya dalam mempromosikan kue-kue tradisional yang kini jarang di temui, Masyarakat pulau masih menjaga kearifan lokal ini. Dari sini juga kami berharap agar kue-kue ini bisa kembali populer. Yang utama dapat menjadi juara dari Lomba Lorong Tingkat Kota Makassar.

“Kami mengangkat kue-kue tradisional ini agar menjadi perhatian kembali, ini merupakan kearifan lokal yang harus diperhatikan dan di jaga. Warga pulau masih menjaga dan membuat kue-kue ini,” jelas Subaedah. Sabtu (04/08/2018).

UKM yang masih menjaga dan memproduksi kue-kue ini adalah UKM Barrang Lompo, salah satu pulau yang ada di Kota Makassar, jika ingin merasakan indahnya Pulau Makassar dan enaknya kue tradisional Kota Makassar, bisa berkunjung ke Pulau Barrang Lompo.