Danny Imbau Jajarannya Gunakan ATM Berlogo GPN

Penulis : | Editor : bhair

Liputnews.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Danny Pomanto mengimbau semua jajarannya agar menggunakan Automatic Teller Machine (ATM) berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Danny mengatakan, ATM berlogo GPN sendiri merupakan produk yang berhasil diluncurkan berkat kerjasama yang dibangun Bank Indonesia dengan industri sistem pembayaran, serta dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Hal ini mengingat aktivitas ekonomi sehari-hari masyarakat tidak lepas dari transaksi dengan menggunakan alat pembayaran, baik tunai maupun non tunai.

“Jadi, 18 ribu pegawai di Pemkot Makassar termasuk 10 ribu tenaga kontrak dan perawat akan melakukan pergantian ATMnya,” katanya, Senin (6/8/2018).

Di sisi lain, Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang menambahkan, diluncurkannya GPN merupakan terobosan dalam Sistem Pembayaran Indonesia. Sistem ini menghilangkan fragmentasi melalui interkoneksi dan interoperabilitas antar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

“Seiring dengan penggunaan GPN  yang semakin luas, efisiensi yang ditimbulkan bagi pertumbuhan perekonomian nasional tentunya akan semakin besar,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, efisiensi nasional akan tercipta dari skema harga yang lebih kompetitif. Melalui GPN, akan terdapat penurunan Merchant Discount Rate (MDR) dari semula 1,6-2,6% menjadi 0-1%, yang akan menghemat biaya mencapai Rp17 miliar per hari.

“Selain itu, GPN juga dihadirkan sebagai backbone strategis untuk memberikan dukungan penuh kepada program-program pemerintah. Termasuk diantaranya penyaluran bantuan sosial non tunai,” ungkapnya. (ml3/zubair)