Transparansi PPID Jadi Ujung Tombak Good Governence

Liputnews.com, MAKASSAR – Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) perlu menyadari pentingnya keterbukaan informasi ke publik yang lebih mudah dan tidak berbelit.

Olehnya itu, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh SKPD, Humas Pemkot menggelar dialog terkait peran PPID sebagai ujung tombak transparansi demi terwujudnya good governence di Aula Hotel Asyira, Selasa (7/8/2018) .

Selaku pembicara pada kegiatan tersebut, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulsel, Azwar Hasan, menyampaikan, acara ini sangat penting guna menyampaikan tentang keterbukaan informasi ke publik. Sehingga masyarakat dapat terlayani lewat satu pintu.

“Diketahui bahwa Pejabat PPID yang utama adalah Humas, dan mereka merupakan representasi wali kota,” papar Azwar Hasan.

Olehnya itu, lanjut Azwar, PPID Utama wajib dibantu PPID yang berada di setiap SKPD atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Lebih jauh, Azwar menerangkan bahwa OPD biasanya menunjuk Kepala Dinas atau Sekertaris Dinas sebagai tugas tambahan dan PPID juga bisa mengusulkan biaya Anggaran PPID tersebut di masing-masing OPD.

Hadir membuka acara kegiatan ini Pj. Sekda Kota Makassar Naisya Asikin didampingi Kasubag Pengaduan Pemkot Makassar, Nuri Trihambodo. (Adv/Zbr)

Mungkin Anda juga menyukai