Disdukcapil Mudahkan Masyarakat dengan Aplikasi ‘Kucata’ki’

Penulis : | Editor : bhair

Liputnews.com, MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil (Disdukcapil) hadirkan inovasi baru android bernama ‘Kucata’ki‘ yang bertujuan untuk memudahkan pengurusan akta kelahiran dan kematian.

Aplikasi ini merupakan terobosan baru yang akan memberi kemudahan terhadap pelayanan masyarakat. Di mana program tersebut menjadi pertanda awal lahirnya tradisi prestasi.

“Ini inovasi yang sangat membanggakan dengan tujuan mempermudah publik servicenya,” kata Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto usai melaunching Aplikasi ‘Kucata’ki’ di Hotel Best Western, Rabu (8/8/2018).

Senada, Kadis Disdukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba, menerangkan bahwa akta kelahiran merupakan dokumen yang memuat identitas dan berfungsi sebagai salah satu dari perlindungan hukum terhadap seseorang.

“Hari ini kita melauching pelaporan akta kelahiran sekaligus pelaporan peristiwa kematian berbasis online. Beberapa hari ini kita masih melakukan pelatihan puskesmas dan beberapa rumah sakit swasta untuk memanfaatkan aplikasi ini,” terangnya. (ml3/zbr)