Makassar Jadi Tuan Rumah Forum Smart City

Penulis : | Editor : bhair

Liputnews.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar bersama JSI Research & Training Institute, USAID, serta United Nations International Organization for Migration (IOM) dan NGO adakan forum Smart City di Hotel Novotel Makassar, Rabu (8/8/2018).

Forum Smart City sendiri merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan warga.

Dalam forum ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali menyampaikan, dewasa ini Makassar telah meraih berbagai prestasi dan pengakuan hingga ke tingkat internasional sebagai kota yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

Menurutnya, inovasi yang telah dihasilkan oleh Kota Makassar telah mampu memberikan kontribusi, di mana manfaatnya telah dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, hingga hari ini Makassar telah mendapat berbagai prestasi dan pengakuan baik tingkat nasional maupun internasional sebagai kota yang mampu bergerak cepat menciptakan inovasi,” tuturnya.

Rektor Perbanas Institute Jakarta, Marsudi Wahyu Kisworo menyebutkan, terpilihnya Kota Makassar sebagai tuan rumah mewakili Indonesia sebagai kota Smart City tingkat Asean, tidak terlepas dari pendekatan pembangunan yang dilakukan dengan cara berbeda.

“Di Makassar menggunakan pendekatan lokal wisdom yang disebut Sombere’ yang tidak dimiliki kota manapun di dunia,” katanya.

Ia beranggapan bahwa smart tidak selamanya harus canggih, melainkan ada ciri tersendiri yang dimilikinya. Seperti halnya dengan pengaturan ulang terkait tata letak kota.

“Smart itu cirinya memiliki kemampuan untuk mendeteksi, mengukur, menganalisa, merespon, serta memikirkan ulang mengenai cara kita mengatur kota,” ujarnya. (ml3/zbr)