Lihat Hewan Qurban Tidak Layak, Sekkot Makassar: Segera Laporkan

LiputNews.com, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Naisyah T Azikin mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi, terutama dalam memberikan masukan terkait hewan qurban.
“Jika menemukan ada hewan qurban yang tidak layak segera melaporkan kepada Tim Terpadu Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban,” pinta Naisyah yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar saat melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban Kota Makassar di halaman Kantor Balaikota Makassar, Senin (13/8/2018).
Adapun Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban, terdiri dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Unhas beserta Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Makassar.
Naisyah menjelaskan, ada dua hal penting yang dilakukan pada hewan qurban, yakni pemeriksaan antemortem dan posmortem.
“Pemeriksaan yang dilakukan adalah antemortem yaitu pemeriksaan fisik secara keseluruhan, sebelum dilakukan pemotongan dan pemeriksaan posmortem yaitu pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan,” ucapnya.
Naisyah menambahkan, pemeriksaan antemortem sendiri dilakukan di tempat penjualan hewan qurban, berbeda dengan posmortem digelar di masjid dan sejumlah daerah pemotongan hewan qurban.

Hal ini dilakukan, kata Naisyah, agar daging hewan qurban layak dikonsumsi dan memenuhi persyaratan sesuai syariat Islam. (ml3/jbk)

Mungkin Anda juga menyukai