Dialog Kebangsaan Kemenhan RI, Danny Ungkap Pentingnya Membangun Sinergitas

LiputNews.com – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tampil menjadi pembicara pada bincang-bincang kebangsaan menyambut HUT RI ke 73 di Red Corner Cafe, Rabu (15/8). Dalam kesempatan tersebut Danny memaparkan pentingnya membangun sinergitas dalam memperkokoh nasionalisme.

Menurutnya sinergitas sebuah bangsa adalah hal penting bagi kemajuan bangsa itu sendiri. Ia mencontohkan beberapa negara yang sangat terbelakang sekali pun mampu bangkit dan berkembang pesat karena kuatnya jalinan sinergitas di dalamnya.

Salah satunya adalah negara Cina yang di satu ketika hanyalah merupakan negara yang begitu tertinggal saat menutup diri dari dunia luar. Namun karena ia mampu mensinergikan dan mengakumulasikan kekuatannya hingga ia bisa berkembang pesat seperti sekarang ini.

“Di Makassar hal itu mulai kita bangun, bagaimana mengakumulasi dan mensinergikan kekuatan yang ada, kita telah melakukan public engagement, public acceptance, dan public partispative. Saat ini kita sudah pada level ketiga yakni bagaimana meningkatkan partisipasi publik,” katanya.

“Hasilnya, setelah keterlibatan masyarakat meningkat, penerimaan publik juga jalan, kita coba kembangkan lagi bagaimana masyarakat juga bisa berpartisipasi aktif dalam pemerintahan, sehingga itulah kekuatan besar yang akan memajukan negeri ini khususnya di Makassar, untuk mengisi kemerdekaan ini,” terang Danny Pomanto.

Sinergi menurut Danny adalah bagaimana seluruh potensi yang dimiliki, meski pun berbeda-beda bisa berjalan bersama dan membawa manfaat. sementara akumulasi adalah bagaimana sebuah beban yang jika dikerjakan dengan menyatukan potensi yang ada maka akan menjadi ringan.

Indonesia hari ini kata Danny jika seluruh potensi yang dimiliki mampu terakumulasi dengan baik akan melahirkan kekuatan yang luar biasa. Tinggal bagaimana kekuatan yang dimiliki saling disinergikan kedepan dengan semangat nasionalisme yang ada sehingga bangsa ini bisa mengisi kemerdekaan dengan berbagai perkembangan dan kemajuan dalam bingkai persatuan.

Kegiatan bertajuk ‘Menjalin Sinergitas untuk Memperkokoh Nasionalisme tersebut diselenggarakan atas kerjasama Pemkot Makassar dengan Perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI Sulawesi Selatan.

Mungkin Anda juga menyukai