Baris-berbaris Menjadi Tradisi Masyarakat Kodingareng Dalam Memperingati Hari Kemerdekaan

LiputNews.com – Banyak macam cara dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus. Mulai dari mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, mengikuti lomba-lomba atau membuat sebuah karya inovasi.

Yang unik hadir di Kelurahan Kodingareng, salah satu pulau di Kepulauan Sangkarrang. Sudah menjadi tradisi masyarakat pulau akan melakukan kegiatan baris-berbaris dan mengelilingi Pulau Kodingareng.

Seperti yang tertulis pada akun media sosial Kelurahan Kodingareng, “Tradisi yang selalu ada setiap selesai melaksanakan Upacara Kemerdekaan RI di Kelurahan Kodingareng Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, yakni baris-berbaris mengelilingi pulau dengan memakai berbagai macam atribut dan baju adat, baik dari Tokoh masyarakat, RT/RW, tokoh agama, tokoh pemuda, ibu-ibu rumah tangga sampai anak-anak sekolah.”

Menurut akun media sosialnya, hal ini melambangkan kebersamaan dan ke-Bineka Tunggal Ika-an.

Sebelum melakukan baris-berbaris mereka berkumpul bersama di lapangan untuk melakukan upacara yang dihadiri tokoh masyarakat, rt/rw, tokoh agama, ibu-ibu rumah tangga, hingga anak sekolah pada hari Jumat (17/08/2018).

Plt Camat Sangkarrang menjelaskan jika kegiatan ini memang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya, untuk menyemarakkan kemerdekaan. Diharap kegiatan ini dapat semakin meriah tiap tahunnya.

“Ini sudah berlangsung tiap tahunnya dan sudah menjadi rutinitas masyarakat Pulau Kodingareng, kami berharap agar ini bisa berjalan dengan baik dan semakin meriah tiap tahunnya,” jelas Siti Subaedah setelah mengikuti Upacara Pengibaran Merah Putih, Jumat.

Mungkin Anda juga menyukai