TTG XX Bali, Iskandar Lewa: Dengan Teknologi LPM Mampu Menjadi Garda Terdepan Dalam Pembangunan

LiputNewsNews.com – Bali – Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah, Iskandar Lewa mengajak pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk merealisasikan  Program Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

Hal tersebut disampaikan usai menghadiri kegiatan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) yang digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali, Jumat (19/10/2018).

Temu Karya Nasional ini sebagai wadah pemberian apresiasi dan penghargaan kepada juara lomba desa dan kelurahan, gelar TTF sebagai langkah strategi dalam penyebaran informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Sedangkan PINDesKel sebagai upaya strategi dalam penyebaran dan pemerataan informasi mengenai inovasi yang telah dilakukan di Desa/Kelurahan kepada masyarakat.

Menurut Iskandar Lewa, sampai saat ini materi yang dijalankan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sampai saat ini belum cukup. Namun dengan adanya tiga inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, kerja – kerja LPM bisa lebih baik lagi kedepan.

“Materi yang kini dijalankan oleh LPM itu memang belum cukup, tetapi akan berkembang ketika melihat secara nyata inovasi yang dijalankan oleh wilayah yang maju dengan mengacu kepada tiga inovasi yang berbasis teknologi  tersebut, khususnya dalam konteks pemberdayaan, jadi dengan teknologi kerja – kerja tersebut dapat terukur, ” kata Iskandar Lewa.

Kemudian, sejalan dengan arah kerja pemerintahan Wali Kota Makassar Danny Pomanto, bahwa Makassar Kota Dunia, secara nyata telah membuktikan telah mampu mengikuti speed perkembangan zaman dengan teknologi dengan penerapan dasar kerja yang berbasis teknologi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi LPM untuk mampu berkolaborasi dengan pemerintah dengan mensingkronkan inovasi teknologi tesebut dengan program kerja dilingkungan masing   – masing, ucap Iskandar Lewa.

Sementara itu Ketua Asosiasi LPM Kota Makassar, Elber Maqbul Amin berharap, seluruh pengurus LPM Kota Makassar, mampu menangkap arah pembangunan Nasional dan menjadi Organiasasi masyarakat yang bekerja dengan metode yang berbasis tekhnologi.

“Kita berharap para Ketua LPM mampu menerapkan kerja yang berbasis teknologi dilingkungan masing – masing, ” harap Maqbul Halim.

Mungkin Anda juga menyukai