Wujudkan Good Governance, Humas Pemkot Optimalkan Peran TP4D

LiputNews.com, MAKASSAR — ntuk mewujudkan good governance, Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota (Humas Pemkot) Makassar, mencanangkan optimalisasi peran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Makassar, Andi Irfan menyampaikan peran TP4D dimulai dari tahapan perencanaan hingga serah terima pekerjaan.

“TP4D berperan dalam mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan atau preventif dan persuasif,” beber Andi Irfan saat menjadi narasumber pada kegiatan Coffe Morning di Kopi Alps, Rabu, (15/8/2018).

Sementara itu, Sekertaris Inspektorat Makassar, Dahyal menuturkan, sejak dibentuk pada 2016 lalu, sekira empat SKPD lingkup Pemkot Makassar, yakni Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah menjalin kerja sama dengan TP4D Kejaksaan Negeri Makassar melalui Penandatanganan MoU yang berlangsung pada 5 April 2017.

Adapun poin di dalam MoU ini, di antaranya pemberian bantuan hukum, memberikan pertimbangan administrasi, dan pengawalan hukum perdata dan tata usaha negara.

“Pemkot Makassar sangat terbantu dengan hadirnya TP4D. Pengawalan yang dilakukan oleh tim ini memberi keyakinan kepada SKPD jika program dan kebijakan pemerintah kota yang terealisasi telah sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkas Dahyal. (ml3/jbk)

Danny Genjot Semangat 70 Paskibraka Makassar

LiputNews.com, MAKASSAR – Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto genjot semangat 70 anggota Paskibraka Makkassar di Baruga Anging Mammiri, Rabu (15/8/2018).

Dimana 70 anggota Paskibraka yang dikukuhkan terdiri dari 35 putra dan 35 putri.

“Setelah dilatih dengan sangat keras, sangat disiplin. Tidak kenal siang maupun malam, dibutuhkan konsentrasi, dibutuhkan fisik yang kuat, jiwa yang kuat, mental yang kuat, maka hari ini semua dikukuhkan menjadi orang-orang pilihan di Kota Makassar,” puji Danny Pomanto.

Kesakralan upacara 17 Agustus kata Danny, sangat ditentukan oleh kesiapan dari anggota Paskibraka yang baru dilantik. Ini dikarenakan, kata Danny, upacara 17 Agustus menjadi salah satu tradisi terbaik di Kota Makassar.

“Mari kita tunjukkan gerak langkah, gerak tangan yang lurus, tatapan yang sama, konsentrasi yang sama, sehingga kita tetap menjadi Paskibraka yang teladan,” tukasnya.

Selain itu, Wali Kota Makassar ini berharap agar kegiatan ini berlalu begitu saja, tetapi juga menjadi bekal masa depan sebagai putra putri terbaik bangsa.

“Paskibraka ini tidak hanya saat upacara 17 Agustus, tetapi secara jiwa, mentalitas, secara bekal sebagai putra putri terbaik tetap dijalankan di kehidupan sehari-hari pasca 17 Agustus,” pintanya. (ml3/jbk)

Dinas Lingkungan Hidup Melakukan Penilaian di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang

LiputNews.com – Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dipimpin Muchtar, melakukan penilaian di Kecamatan Kepulaian sangkarrang. Yang menjadi titik penilaian adalah Pulau Barrang Lompo, ini merupakan penilaian dari lomba lorong se-Kota Makassar.

Plt Camat Sangkarrang sendiri mengaku jika Pulau Barrang Lompo menjadi pilihan untuk mewakili Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, karena Pulau Barrang Lompo sendiri merupakan pusat pemerintahan di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

“Pulau Barrang Lompo yang mewakili Kepulauan Sangkarrang untuk maju di lomba lorong ini, karena barrang lompo merupakan pusat pemerintahan kecamatan dan beberapa aktivitas lainnya,” jelas Sti Subaedah, Rabu (15/08/2018).

Muchtar selaku ketua tim rombongan dari DLH sangat senang dengan perubahan yang terjadi di Kepulauan Sangkarrang, sejak terpecah menjadi kecamatan sendiri, Kepulauan Sangkarrang begitu pesat perkembangannya. “Merasa salut dengan perubahan yang ada di Sangkarrang, ini luar biasa dan bisa kalah yang ada di kota.”

Tim penilai juga harus berjuang untuk sampai ke Pulau Barrang Lompo, karena untuk menyeberang di pulau ini dibutuhkan waktu 30 menit menggunakan Speed Boat, dan menggunakan kapal penumpang biasa lebih dari setengah jam. Saat berada dipulau mereka menaiki angkutan umum pulau yang biasa disebut juga odong-odong.

Danny Pomanto Bela Pemuda Makassar

LiputNews.com, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomantom meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk berikan ruang bagi pemuda dalam berkarya.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam kegiatan sosialisasi kabupaten/kota layak pemuda di Uluwatu, Bali, Senin (13/8/2018).

Wali Kota Makassar ini memaparkan peran dan partisipasi pemuda di Makassar sangat tinggi. Baik keterlibatan dalam musyawarah, perencanaan, pembangunan, hingga pelaksanaan program.

“Pemerintah Kota Makassar memberi ruang sebesar-besarnya bagi masyarakat, termasuk pemuda  untuk terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan bahkan evaluasi,” papar Danny Pomanto.

Tidak hanya itu, lanjut Danny, peran pemuda juga sangat besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dimana terdapat ratusan komunitas ekonomi kreatif yang dimotori para pemuda.

Utamanya beber Danny, kreativitas pemuda Makassar saat ini juga diwadahi oleh salah satu event akbar, F8 yang telah terdaftar pada kalender wisata nasional.

“Pemuda itu darahnya panas, penuh dengan energi. Tinggal bagaimana pemerintah mengarahkan agar energi yang meluap dari pemuda dapat tersalurkan ke hal yang positif dan konstruktif,” jelasnya.

Danny menambahkan, program yang diprakarsai oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar (Dispora) ini mencakup tujuan Nawacita Presiden Joko Widodo di bidang kepemudaan. Sebagaimana diketahui, Kota Daeng ini telah menyandang predikat Kota Layak Anak dan Kota Layak Pemuda.

“Saya bangga dengan pemuda Makassar, salah satunya Kadispora Makassar. Program yang diusungnya penuh energi anak muda, dan tepat sasaran. Sejalan dengan Nawacita Pak Presiden,” tutupnya. (ml3/jbk)

 

Demi Memudahkan Pengurusan, PLT Camat Sangkarrang Hadir Di Kayu Bangkoa Untuk Memberikan Pelayanan

LiputNews.com – Sulitnya medan yang dilalui dalam memberikan pelayanan di Kecamatan Sangkarrang, Plt Camat Sangkarrang memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam melayani masyarakat.

Salah satunya, masyarakat dapat bertemu dengan Plt Camat Sangkarrang di Dermaga Katu Bangkoa. Hal ini memudahkan masyarakat, karena dermaga ini merupakan dermaga persinggahan dari antar pulau dan kelurahan-kelurahan di Kecamatan Sangkarrang.

“Kami ada disini untuk memberikan pelayanan, karena banyak pengurusan yang perlu dipercepat, ini memudahkan masyarakat dalam pengurusan, juga kapal-kapal bersandar di sini,” jelas Siti Subaedah, Plt Camat Sangkarrang. Senin(13/08/3018).

Alternatif ini diambil, karena ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan di daratan Makassar, dan pertemuan bisa dilakukan di Dermaga Kayu Bangkoa.

Lihat Hewan Qurban Tidak Layak, Sekkot Makassar: Segera Laporkan

LiputNews.com, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Naisyah T Azikin mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi, terutama dalam memberikan masukan terkait hewan qurban.
“Jika menemukan ada hewan qurban yang tidak layak segera melaporkan kepada Tim Terpadu Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban,” pinta Naisyah yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar saat melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban Kota Makassar di halaman Kantor Balaikota Makassar, Senin (13/8/2018).
Adapun Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban, terdiri dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Unhas beserta Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Makassar.
Naisyah menjelaskan, ada dua hal penting yang dilakukan pada hewan qurban, yakni pemeriksaan antemortem dan posmortem.
“Pemeriksaan yang dilakukan adalah antemortem yaitu pemeriksaan fisik secara keseluruhan, sebelum dilakukan pemotongan dan pemeriksaan posmortem yaitu pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan,” ucapnya.
Naisyah menambahkan, pemeriksaan antemortem sendiri dilakukan di tempat penjualan hewan qurban, berbeda dengan posmortem digelar di masjid dan sejumlah daerah pemotongan hewan qurban.

Hal ini dilakukan, kata Naisyah, agar daging hewan qurban layak dikonsumsi dan memenuhi persyaratan sesuai syariat Islam. (ml3/jbk)

Kreatifitas Warga Pulau Meriahkan HUT RI 73, Membuat Lampion Dari Barang Daur Ulang

LiputNews.com, Sangkarrang – Warga Pulau Sangkarrang Bersama PLT Camat Sangkarrang begitu serius dalam membenahi lingkungan. Selain itu, untuk memeriahkan HUT RI ke 73, PLT Camat Sangkarrang Bersama warga turun membuat hiasan-hiasan kemerdekaan yang mereka buat dari barang daur ulang.

Siti Subaedah mengatakan kepada Penulis “Jika biasanya kami menggunakan kertas warna, kali ini kami mencoba untuk membuat kreatifitas yang baru. Sebuah lampion dari barang daur ulang.”

Subaedah sendiri tidak merasa kesulitan dalam perayaan kemerdekaan ini. Karena warga sendiri yang memiliki antusias yang besar, terlebih di RW 02 Kelurahan Barrang Lompo.

Salah satu warga Raodah menjelaskan jika warga pulau sangat bersemangt dalam peringatan HUT RI ini. Sudah dari beberapa hari dia berbenah menata lingkungan dan memasang hiasan-hiasan kemerdekaan.

“Sudah beberapa hari kami kerja, dan warga juga begitu semangat untuk memasang umbul-umbul ini,” jelas Raodah.

Dengan semangatnya lingkungan akan menambah semangat kemerdekaan dalam lingkungan tersebut.

Sekjen DPP Golkar Apresiasi Kinerja Nurdin Halid

Liputnews.com, MAKASSAR – Sekretaris Jenderal, Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) partai Golongan Karya (Golkar), Letnan Jenderal (Letjen) Lodewijk Freidrich Paulus apresiasi kinerja Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Sulawesi Selatan (DPD Sulsel) partai Golkar, Nurdin Halid dan seluruh kadernya.

Apresiasi tersebut diberikan lantaran Ketua DPD Sulsel Golkar tersebut mampu menggelar workshop dan pembekalan Calon Legislatif (Caleg) lebih awal dibandingkan wilayah lain, Minggu (12/8/2018).

Menurutnya, langkah ini menjadi bukti keseriusan DPD Golkar Sulsel untuk mewujudkan visi ke depannya, sekaligus menanamkan kesadaran akan pentingnya berpolitik.

“Kenapa kita berkorban menjadi caleg,  karena kita ingin menjadi penentu arah pengambilan keputusan dalam negara ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Sulsel, Nurdin Halid, juga mengungkapkan keyakinan untuk menguningkan Sulawesi Selatan.

“Kita target menang melebihi pemilu sebelumnya. Jika kemarin mendapatkan 18 kursi, kali ini harus lebih dari itu,” tuturnya. (ml3/zbr)

Promosikan Taman Segitiga, Danny Pomanto Lantik Pengurus KPJ

Liputnews.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto resmi melantik pengurus baru Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) periode 2018-2023 di Taman Segitiga Makassar, Sabtu (11/8/2018).

Danny berpesan agar Ketua dan pengurus KPJ dapat terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Kota Makassar.

“Semoga amanah yang diberikan bisa menjadi beban positif dalam meningkatkan kualitas musik dan seni para penyanyi jalanan,” ucap Danny saat memberikan sambutan.

Ia mengungkapkan, di Makassar terdapat banyak taman. Namun beda halnya dengan Taman Segitiga, di sini terdapat beberapa kelompok sosial yang terus aktif berkarya.

“Di tempat ini, penjual sate, sekuriti, pedagang, mahasiswa, dan pengamen berbaur satu rasa. Bermusik untuk hati,” ungkapnya.

Wali Kota peraih tiga Adipura ini berharap agar setiap orang yang ada di Makassar dapat bersua di taman yang penuh dengan pohon yang rindang dan dilengkapi taman baca untuk anak jalanan.

“Kami ingin semua orang yang kreatif datang di tempat ini. Bermusik bersama dan bertarung ide. Ayo kita berkarya,” pungkasnya. (ml3/zbr)

Deng Ical Puji Emak-Emak. Ini Alasannya

LiputNews.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal resmi membuka pojok kuliner 2018, di Public Plaza Mall Ratu Indah (Mari), Jl Dr Sam Ratulangi, Makassar, Sabtu (11/8/2018).

Deng Ical mengatakan, kegiatan ini merupakan kali kelima Celebes Cooking and Baking Community (CCBC) mengadakan pojok kuliner. Pemerintah Kota (Pemkot) sangat mengapresiasi kreativitas tersebut.

“Emak-Emak yang tergabung dalam CCBC ini sangat kreatif. Makanya Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata dan OPD lainnya sangat mengapresiasi hal tersebut,” ucap pria yang dikenal ramah dan murah senyum ini.

Ia menuturkan, terkadang teman-teman komunitas sekadar berkumpul ria menikmati dan menghabiskan waktu serta melampiaskan hobi. Akan tetapi CCBC telah membuktikan bahwa mereka juga dapat berkarya.

“Tapi ternyata dibalik itu mereka tidak sadar bahwa apa yang dilakukan hari ini dan kemarin-kemarin dalam bentuk kreativitas sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhan ekonomi Kota Makassar,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Makassar ini menambahkan, dari lima kota, Makassar berada di posisi ketiga kota paling kreatif. Ini dibuktikan dengan kulinernya yang luar biasa mengeliatnya. hal itu tak terlepas dari bagian kontribusi CCBC.

“Ada tiga yang menjadi penilaian sehingga Makassar terpilih jadi kota kreatif mulai dari kuliner, fashion dan film, ketiga itu yang membuat Makassar ditunjuk jadi kota kreatif di Indonesia oleh Indonesian City Kreatif Network (ICCN),” tukasnya. (ml3/amr)